Guru Soft Skill Fave Hotel, Ibu Santy Puspandari, Bagikan Pengalaman dan Pesan Penting untuk Siswa SMKN 12 Malang

Malang, 14 Desember 2023 – Di era industri kuliner yang semakin berkembang, penting bagi para pelaku bisnis di bidang ini untuk tidak hanya memiliki keahlian teknis dalam memasak, tetapi juga soft skill yang kuat. Ibu Santy Puspandari, seorang guru soft skill di Fave Hotel, berbagi pengalamannya di hotel tersebut dan menggarisbawahi kepentingan soft skill, khususnya dalam bidang kuliner.

Pada waktu itu, ibu Santy Puspandari merasakan betapa dibutuhkannya pemahaman dan penerapan soft skill, terutama di dunia kuliner. “Penting bagi kita untuk memiliki kemauan yang kuat terhadap jurusan yang dipilih,” ungkapnya. Ia menekankan bahwa motivasi internal sangat berperan dalam membentuk karir di bidang kuliner.Dua poin utama yang dianggapnya kunci dalam meniti karir kuliner:

1. Kemauan dari Diri Sendiri Terhadap Jurusan yang Dipilih

 Menurut Ibu Santy, kemauan dan dedikasi pribadi terhadap bidang kuliner menjadi fondasi yang sangat penting. “Tanpa kemauan yang kuat, sulit untuk berkembang di dunia kuliner yang dinamis,” ujarnya.

2. Soft Skill yang Harus Dipelajari dan Diterapkan

 Ibu Santy juga menggarisbawahi perlunya mengasah dan menerapkan soft skill tertentu untuk sukses di dunia kuliner. Keterampilan seperti komunikasi efektif, manajemen waktu, dan adaptabilitas dianggapnya sebagai modal utama yang harus dimiliki oleh para calon ahli kuliner. “Ketika kita dapat bekerja bersama sebagai tim, pencapaian akan lebih maksimal,” tambahnya.

Aspek khusus dari soft skill yang menurut Ibu Santy paling relevan dan dapat diterapkan secara efektif oleh siswa SMKN 12 Malang adalah:

1. Aktivitas

 Ibu Santy menekankan pentingnya memiliki inisiatif dalam mengikuti berbagai aktivitas yang dapat memperluas pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang kuliner.

2. Mempunyai Teamwork/Collaboration yang Bagus

 Kemampuan bekerja sama dalam tim dianggapnya sebagai modal penting. “Kerjasama yang baik membuka pintu untuk ide-ide kreatif dan pengalaman berharga,” katanya.

Ibu Santy Puspandari memberikan harapan besar kepada siswa-siswi tata boga SMKN 12 Malang untuk masa depannya. “Semuanya sudah di support dengan fasilitas hotel yang bagus untuk belajar, didukung oleh kerja sama dengan manajemen internasional di hotel kita,” ucapnya. Ia menekankan agar siswa tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan memahami bahwa soft skill sangat penting bagi perkembangan karir mereka.

Sebagai pesan penutup, ibu Santy Puspandari mengingatkan, “Jangan sampai semua itu disia-siakan. Manfaatkan fasilitas dan kerjasama yang sudah ada. Soft skill adalah kunci kesuksesan di dunia kuliner, dan saya yakin, dengan usaha dan dedikasi, kalian semua bisa meraihnya.”

Penulis : Nur Asyifa Cahyandari Putri (X TJKT 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *