Pentingnya Pelatihan Soft Skill dalam Persiapan Peserta Didik untuk Interview Kerja

SMK merupakan Pendidikan vokasi yang memiliki komitmen dalam mencetak generasi unggul dan siap kerja. Sesuai dengan hal tersebut, SMK Negeri 12 Malang berupaya menghadirkan berbagai pelayanan Pendidikan dengan berbagai bentuk salah satunya memberikan bekal melalui pelatihan untuk dapat diikuti oleh peserta didik.

Rabu, 13 Desember 2023 – SMK Negeri 12 Malang telah menyelenggarakan pelatihan soft skill bagi peserta didik. Soft skill merupakan bagian yang sangat penting bagi peserta didik untuk melanjutkan kariernya dengan bekerja pasca lulus dari SMK Negeri 12 Malang. Pelatihan soft skill menjadi fokus utama bagi setiap individu untuk bersaing di suatu perusahaan. Pelatihan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan dasar, tetapi juga memberikan simulasi wawancara agar peserta didik dapat merasakan pengalaman yang mendekati lingkungan kerja sebenarnya.

Program One Day With By.U memberikan bekal yang sangat penting bagi peserta didik untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah serta menghadapi tantangan yang mungkin muncul di tempat kerja. Berbagai tips dan trik mereka berikan sebagai sumber inspirasi dan panduan bagi peserta didik. Mereka membagikan pengalaman mereka, memberikan wawasan tentang berbagai industri, dan juga berbagi keterampilan praktis yang dapat berguna dalam karier di masa depan.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang C.14 peserta didik diberikan materi tentang  tips dan trik dalam mempersiapkan diri untuk interview kerja dengan Menggandeng Telkomsel selaku Perusahaan besar yang memiliki eksistensi di Indonesia. Interview menjadi bagian yang harus disiapkan sebagai penentu kesiapan setiap individu untuk meyakinkan pihak Perusahaan untuk dapat menerima pekerja yang akan bergabung didalam perusahaannya. SMK Negeri 12 Malang sangat konsisten menyelenggarakan pelatihan agar peserta didik memiliki bekal yang cukup dan mampu diimplementasikan dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

Dengan persiapan yang kuat melalui pelatihan soft skill ini, diharapkan para peserta didik mampu tampil lebih percaya diri dan siap menghadapi segala tantangan yang ada dalam proses wawancara kerja serta di lingkungan kerja yang sesungguhnya. Hal ini memberikan harapan akan peningkatan kesempatan mereka untuk memasuki dunia kerja dengan kesiapan yang lebih baik dan menjadi aset berharga bagi perusahaan tempat mereka melamar.

Penulis : Ghaisani Shabrina Henizah (X AKL 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *