Tumbuhkan Potensi dan Karakter Peserta Didik dengan Diklat Ambalan Aswatama Sita

Sabtu (16/12) ambalan Aswatama Sita SMK Negeri 12 Malang melaksanakan kegiatan diklat anggota baru. Kegiatan diklat ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan dan menggali potensi dari para anggota ambalan SMK Negeri 12 Malang. Diklat merupakan singkatan dari pendidikan dan pelatihan. Diklat adalah serangkaian kegiatan untun mengembangkan kemampuan dan potensi dari pesertanya.

Diklat ambalan Aswatama Sita SMK Negeri 12 Malang diikuti oleh 20 peserta dari kelas 10. Kegiatan diklat ambalan ini dibina oleh Kak Hakim, Alumni dan Pradana Pradani yaitu Kak Vellyn dan Kak Wildan. Diklat ini terdiri dari berbagai kegiatan selerti belajar bersama kemudian makan bersama. Setelah itu dilanjutkan menelusuri pos pos dengan berjalan bersama dari sekolah sampai Arjosari untuk pengenalan ke warga sekitar. Kemudian kegiatan yang terakhir yaitu pencarian bet dan pengukuhan bagi anggota baru. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan sejak jam 06.00 hingga 17.00.

Dari seluruh kegiatan tersebut terdapat puncak acara dari diklat ambalan ini. Dalam kegiatan puncak ini para peserta akan mencari bet. Di tengah-tengah pencarian bet tersebut akan ada kejadian, salah satu peserta pulang karena tidak mendapat bet setelah itu teman lainnya akan mendapat bimbingan mental yang bertujuan menciptakan anggota yang bertanggung jawab, berakhlak tepuji dan memiliki rasa peduli terhadap orang lain.

Penulis : Asty Anggun Pratiwi (XI AKL 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *