Bekerjasama dengan BSI, SMKN 12 Malang Berhasil Mendirikan Bank Mini

Senin,  8 Januari 2024 – SMK Negeri 12 Malang telah meresmikan Bank mini yang bekerja sama dengan Bank Syari’ah Indonesia. Bank mini memiliki tujuan sebagai tempat praktek pembelajaran perbankan, karena kurikulum merdeka Akuntansi memiliki mata pelajaran pilihan dan sesuai dengan kesepakatan tim MGMPS Akuntansi (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah), yang pada akhirnya menyetujui perbankan. Kemudian, mengusulkan ke pihak manajemen untuk mendirikan Bank mini di SMK Negeri 12 Malang. 

Dengan tujuan menjadi tempat praktek langsung dibidang perbankan bagi peserta didik kejuruan Akuntansi. Tim MGMPS Akuntansi bekerjasama dengan kepala sekolah memilih bank yang diajak kerjasama sebagai partner mendirikan “Bank mini”. Sebagai langkah awal untuk mendirikan Bank Mini sekolah mengajukan proposal (surat permohonan) ke pihak BSI (Bank Syariah Indonesia). Dengan senang hati pihak BSI menerima tawaran ini dan membantu SMK Negeri 12 Malang mendirikan Bank Minimal dan menyampaikan bahwa SMK Negeri 12 Malang ini adalah pionir sekolah pertama di kota Malang yang bekerjasama dengannya. Sedangkan pihak yang mengusulkan untuk membangun Bank Mini sendiri adalah tim MGMPS.

Petugas piket yang bisa menjalankan Bank mini ini dikhususkan hanya untuk peserta didik kelas 11 Akuntansi saja. Beruntungnya, Bank ini berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan oleh kedua belah pihak. Petugas yang berjaga pada Bank mini sesuai SOP yaitu 2 peserta didik yang menjalankan sistem BSA (BSI SMART AGENT). Setiap harinya Bank ini mendapatkan transaksi dari para nasabah, seperti setor tunai, tarik tunai maupun pembelian paket data. 

Penulis : Cancerina Farah Azzara (X AKL 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *