SMK Negeri 12 Malang Menyelenggarakan Kegiatan Guru Tamu Bersama PT. Cipta Sarana Cendekia

Malang, 25 Januari 2024 – SMK Negeri 12 Malang telah menyelenggarakan acara guru tamu untuk Peserta Didik pada Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. 

Dalam sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, SMK Negeri 12 Malang telah mendatangkan guru tamu untuk kelas industri pada program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Kegiatan ini dilaksanakan di Balebatik SMK Negeri 12 Malang, dimulai pada pukul 07.30-10.30 dan diikuti oleh Peserta Didik kelas XII Akuntansi 2 yang merupakan Peserta Didik kelas industri serta Guru pengajar Kejuruan Akuntansi. Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan informasi terkait perubahan aturan PPh Pasal 21 yang diterbitkan oleh  Direktorat Jenderal Pajak Indonesia. 

Kedatangan Guru tamu rutin dilaksanakan selama satu semester satu kali untuk kelas Industri di SMK Negeri 12 Malang. Materi diberikan langsung oleh Miss Niken Sutowijaya SE, Ak dari PT. Cipta Sarana Cendekia yang menangani pada bidang vokasi. Terkait dengan Visi Misi pada kejuruan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, kegiatan ini dilaksanakan guna mengupgrade perubahan yang berkaitan dengan Perpajakan. 

Peserta didik kelas XII Akuntansi 2 dan Guru Pengajar melakukan praktik melalui studi kasus yang diberikan langsung oleh PT. Cipta Sarana Cendekia yang merupakan implementasi dari perubahan aturan tersebut. Sebelum melaksanakan praktik pada hari ini, Peserta Didik dan Guru pengajar sudah diberikan peraturan dari Pemerintah serta dijabarkan secara jelas oleh pemateri. Tidak hanya teori saja, para Peserta Didik dan Guru pengajar melakukan praktik bersama-sama dalam perhitungan PPH Pasal 21 dengan aturan yang terbaru. 

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini “Saya berharap Peserta Didik khususnya yang berada di kelas Industri bisa lebih memahami mengenai perubahan aturan PPh Pasal 21. Melalui  studi kasus pada praktik PPh Pasal 21 yang dikerjakan hari ini, diharapkan  peserta didik mampu mengaplikasikan pada pembelajaran ataupun kasus yang dihadapi oleh pelanggan pada pelayanan Tax Center SMK Negeri 12 Malang.” Ujar Guru pengajar Kejuruan Akuntansi Ibu Ulya Brilian, S.Pd.

Ghaisani Shabrina Henizah (X AKL 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *