Tanamkan Paham Penggunaan Rupiah, Bank Indonesia Berikan Edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah

Penggunaan uang sebagai alat tukar untuk kebutuhan kelangsungan hidup baik negara maupun Masyarakat menuntut setiap elemen bangsa perlu menggunakan dengan bijak. Penggunaan uang yang baik adalah salah satu potensi mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Untuk itu perlu pemahaman yang baik bagi warga negara sejak dini dalam penggunaan alat tukar resmi negara ini.

Penjelasan Pemateri dari Bank Indonesia Kepada Peserta Didik
Kepala SMK Negeri 12 Malang Memberikan Sambutan Pembuka
Peserta Sosialisasi dari konsentrasi Keahlian Akuntansi
Peserta Didik (Churil Ain) Menerima Hadiah Saat Pelaksanaan Sosialisasi
Foto Bersama Bank Indonesia dengan Kepala Sekolah, Guru, Karyawan Beserta Peserta Didik Peserta Sosialisasi

Bank Indonesia adalah Lembaga resmi yang dibentuk dalam mengontrol keberlangsungan peredaran mata uang negara republic Indonesia memiliki satu Tujuan Tunggal yaitu Mencapai dan Memelihara Kestabilan Nilai Rupiah. Mengenalkan sejak dini terhadap berbagai golongan Masyarakat dapat memberikan impact yang baik dalam keberlangsungan rupiah di dalam peredaran Masyarakat. SMK Negeri 12 Malang sebagai satuan Pendidikan memiliki kiat yang kuat dalam memprioritaskan kebutuhan negara dalam beberapa hal salah satunya mencetak generasi yang mampu memberikan dorongan pengembangan potensi ekonomi bagi negara. Bank Indonesia memiliki program untuk mensosialisasikan rupiah sebagai mata uang resmi negara khususnya peserta didik SMK Negeri 12 Malang dan bidang kerja yang terkait dengan keuangan. Diikuti kurang lebih 72 Peserta didik kelas XI beserta 4 guru dan 2 karyawan dari konsentrasi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) Bank Indonesia menyampaikan pentingnya menyikapi dan menggunakan mata uang rupiah dalam kehidupan Masyarakat. Bank Indonesia menekankan bahwa mata rupiah menjadi identitas bangsa yang harus kita rawat serta diperlakukan baik dalam penggunaannya karena uang dicetak memiliki berbagai unsur kebangsaan salah satunya adalah penggunaan simbol dan kedaulatan negara Indonesia.

Bertempat di Gedung Balebatik SMK Negeri 12 Malang peserta didik berlangsung dengan lancar dan antusias. Peserta didik menjadi paham terhadap rupiah dalam peranannya untuk keberlangsungan negara. Ibu Karunia Indaryati selaku guru produktif akuntansi yang juga mengampu matap pelajaran perbankan menuturkan bahwa “peserta didik akan menjadi lebih paham setelah diberikan materi dari Bank Indonesia baik dalam menyikapi, penggunaannya hingga kebanggannya sebagai bangsa Indonesia memilikimata uang rupiah”.

Selain itu, guru tamu dari BSI sangat mengedukasi untuk lebih mencintai, bangga, serta paham  akan rupiah. bagaimana cara menjaganya, merawatnya, serta mengenali uang rupiah yang asli. harapan saya, semoga masyarakat bisa lebih mencintai, paham, serta bangga terhadap uang. karena uang adalah salah satu simbol kedaulatan negara juga alat pembayaran yang sah dalam kegiatan perekonomian sosial yang ada di Indonesia Pungkas Zarara selaku peserta dalam acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *