Perolehan Prestasi Gemilang : SMK Negeri 12 Malang berhasil memenangkan Lomba Kompetensi Siswa (LKS)

23 Februari 2024 – SMK Negeri 12 Malang mengikuti “Lomba Kompetensi Siswa” atau biasa juga disebut dengan LKS. SMK Negeri 12 Malang  mengeluarkan 7 jurusan untuk mengikuti lomba tersebut. Dari beberapa jurusan yang mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) hampir seluruh jurusan meraih juara, 2 diantaranya yaitu juara 2 pada bidang Culinary dan juara 2 pada bidang IT Network System Administration.

Dukungan guru pembimbing, orang tua, alumni dan orang orang sekitar sangat penting untuk peserta didik yang akan mengikuti LKS. Karena dukungan dan doa dari semua pihak sangat berpengaruh untuk memberikan semangat. Tantangan terberat yang dihadapi yaitu, peserta didik yang mengikuti LKS belum mengenal dunia industri jadi harus memperkenalkan terlebih dahulu dan membimbing dengan sungguh sungguh. Dalam lomba ini, guru pembimbing dan alumni bekerja sama membimbing peserta didik yang akan mengikuti LKS. Selain itu. Tidak hanya guru pembimbing dan alumni, namun sekolah juga memberi dukungan penuh dengan cara menyediakan biaya pendaftaran, menyediakan alat, bahan hingga wadah untuk berbagi pengalaman. Hal ini bertujuan untuk memberikan pembekalan yang lebih matang kepada para peserta didik yang akan mengikuti lomba agar dapat mengikuti lomba dengan lebih percaya diri. 

Guru pembimbing peserta didik LKS merasa sangat bersyukur dan sangat bangga atas prestasi yang mereka capai, lomba ini memang membutuhkan persiapan yang maksimal dengan langkah yang harus diambil secara hati–hati untuk mencapai hasil akhir yang terbaik, ada pula tanggapan dari peserta lomba LKS tahun ini yang merasa sangat bangga dengan yang ia capai. “Saya mengikuti LKS ini karena saya ingin mencoba sampai mana kah kemampuan saya selama belajar di sekolah dan saya ingin mencoba meningkatkan keberanian, kepercayaan diri saat dalam menghadapi berbagai tantangan dan kepribadian dalam perlombaan. Saya mengikuti LKS ini tentu saja tidak sendiri, saya bekerja sama dengan rekan saya Kharil Ainun Nisa. Saya senang, serta merasa bangga kepada diri sendiri dan rekan saya.”

“Tidak hanya itu, saya juga ingin membanggakan nama sekolah dan orang-orang disekitar saya.” 

Saya merasa sangat berterima kasih kepada Ibu Luluk dan guru kuliner lain selaku pembimbing saya dan beberapa alumni yang sudah membimbing saya setiap hari untuk menghadapi lomba ini.”

“Harapan kedepannya saya dan tim saya bisa lebih baik dari sebelumnya, karena tim saya mendapat masukan dari para juri dan juga bisa lolos untuk maju ke tingkat nasional.” Ucap Alifya.

Harapan guru pembimbing untuk selanjutnya dalam jangka pendek saat ini yaitu meraih juara di tingkat provinsi. Guru pembimbing juga berharap untuk siswa yang berpengalaman mengikuti LKS ini dapat memberikan ilmu yang didapat kepada adik tingkat nya suatu saat nanti.

Ada pula tanggapan dari Pak Damaris selaku pembimbing IT Network System Administration,

Menurut Pak Damaris, para siswa sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa, hanya saja terkadang mereka bingung bagaimana cara menuangkan bakat mereka. Namun, ia merasa jika mereka dibimbing dapat mengubah potensi tersebut menjadi kebanggaan bagi SMK Negeri 12 Malang. Harapannya sangat sederhana, yaitu agar para siswa menyadari bahwa mereka memiliki kemampuan yang luar biasa, dan yang perlu dilakukan hanyalah mengubah pola pikir mereka dan tidak merasa minder.

Penulis : Alfrina Widya Sutrisna X AKL 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *