SMKN 12 MALANG KEMBALI MELAKSANAKAN PEMBEKALAN PKL GELOMBANG KE-2:SIAPKAN PESERTA DIDIK DENGAN SOFTSKILL

Malang,16/05 – Peserta didik kelas XI SMK Negeri 12 Malang melaksanakan kegiatan Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) gelombang ke-2 sesuai dengan program keahlian masing – masing. Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan bagian dari pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di industri dan dunia kerja, dengan tujuan mempersiapkan para peserta didik menghadapi dunia industri terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di setiap industri serta mengembangkan softskill. Softskill adalah kemampuan individu atau sosial yang melibatkan aspek kepribadian, komunikasi atau interaksi, pengelolaan diri sendiri, juga kontribusi lingkungan kerja maupun kehidupan sehari – hari.

Pembekalan dilaksanakan selama 5 hari, hari pertama kompetensi keahlian TO, hari ke dua kompetensi keahlian PPLG dan TJKT, hari ketiga kompetensi keahlian DKV dan BCF, hari ke empat kompetensi keahlian KULINER, dan hari terakhir kompetensi keahlian AKUNTANSI. Kegiatan diawali dengan shalat dhuha dimasjid ulul Albab SMKN 12 Malang, setelah shalat peserta didik mengikuti kegiatan PBB (pasukan baris berbaris) di lapangan indoor SMKN 12 Malang yang dipimpin oleh beberapa pasukan paskibra, guna melatih kedisiplinan para peserta didik. Dilanjutkan dengan pemberian materi di bale batik SMKN 12 Malang dari berbagai dunia industri yang sesuai dengan kompetensi keahlian masing – masing.

kompetensi keahlian Akuntansi kedatangan pemateri dari Vernon Crop. Vernon Crop adalah perusahaan management inovasi yang bergerak dalam berbagai bidang industri. Vernon crop meberikan materi tentang softskill, pemateri Vernon Crop menjelaskan bahwa softskill muncul dalam karakter diri masing-masing ditentukan oleh bagaimana seseorang berperilaku dan berinteraksi dengan orang lain melalui interaksi sosial, pengaruh keluarga, dan pengalaman dunia nyata. Softskill juga penting dalam aspek kehidupan termasuk pendidikan, karir, dan kehidupan sosial. Contohnya termasuk berfikir kritis, berkolaborasi dengan tim dan berkomunikasi dengan jelas. Berkomunikasi adalah kemampuan dan kemauan untuk mengungkapkan ide-ide anda dengan jelas dan konstruktif, seorang komunikator yang sukses juga merupakan pendengar yang aktif berinteraksi dengan orang lain dengan empati.

Vernon Crop tidak hanya memberikan materi tentang softskill, mereka juga memberi materi hardskill dan budaya kerja/sistem kerja perusahaan. Pemateri Vernon Crop juga menjelaskan bahwa hardskil merupakan keterampilan atau kemampuan teknis yang menunjukkan pengetahuan dan digunakan untuk melakukan tugas-tugas praktis. Hardskill diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan formal dapat diukur dan diklasifikasi. Hardskill penting terutama untuk pendidikan dan karir, contohnya mahir dalam perangkat lunak komputer, fasih berbahasa asing, atau mengetahui mekanisme mobil. Budaya kerja yang digunakan oleh Vernon Crop adalah Acile Team, Acile Team merupakan serangkaian kerja yang berbasis tim.

Kegiatan berlangsung dengan lancar, para peserta didik sangat aktif dan bersemangat hingga kegiatan berakhir. Para peserta didik juga terlihat sangat antusias ingin menjawab ketika pemateri memberi beberapa pertanyaan, momen ini menceriminkan minat mereka untuk memperdalam pemahaman tentang softskill. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan bekal para peserta didik dalam menghadapi dunia kerja.

Penulis : Intan Alya Sahra Wirani (XI AK 4)

Editor : Raka Bintang Pratama (X TJKT 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *