Kunjungan Industri 2024 : TJKT Belajar di Fiber Academy Sembari Berwisata di Yogyakarta

Malang, 9 Juni 2024 – SMK Negeri 12 Malang baru baru ini telah menggelar kegiatan Kunjungan Industri yang dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbagai Konsentrasi Keahlian dari SMK Negeri 12 Malang yang melakukan kegiatan ini, salah satunya Konsentrasi Keahlian Teknik Jaringan, Komputer dan Telekomunikasi (TJKT).

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 – 7 Juni 2024. Pada hari pertama, para peserta didik yang mengikuti kegiatan ini berkumpul di Terminal Arjosari tepat pada pukul 20.00 WIB dan sekitar pukul 21.00 WIB, satu per satu bus mulai meninggalkan terminal untuk menuju ke Kota Yogyakarta. Pada pukul 05.00 WIB beberapa bus telah sampai di Rumah Makan Grafika untuk melakukan sarapan dan bersih diri, setelah selesai sarapan para peserta didik diarahkan untuk menaiki bus kembali dan melaksanakan kunjungan industri.

Konsentrasi Keahlian TJKT melaksanakan kunjungan di Telkom Access Fiber Academy yang berada di Telkom Pakem, Yogyakarta. Para peserta didik mempelajari berbagai hal seperti, Pentingnya K3, Maintenance Kabel FTM, Elemen dan Jaringan FTTH serta masih banyak lagi. Peserta didik diarahkan untuk menuju Ruang FTM, dimana tempat tersebut merupakan ruang penyimpanan semua data para pelanggan untuk mempelajari sistem kerja dan diajarkan tata cara Splicing kabel Fiber Optik serta bagaimana cara menggunakan K3 yang benar saat bekerja nantinya.

Setelah selesai melaksanakan kunjungan, peserta didik diarahkan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal di Kota Yogyakarta, seperti Studio Gamplong dan Jalan Malioboro serta diakhiri dengan mengunjungi pusat oleh oleh Bakpia Pathok 25.

“Seluruh instruktur di Telkom Access Fiber Academy sangat berantusias dalam menyampaikan materi kepada kami semua dan mereka sangat membantu kami dalam memahami materi yang mereka sampaikan” ucap Nur Asyifa Cahyandari salah satu peserta didik dari kelas X TJKT 2, “Selama kunjungan, saya sangat menikmati suasana disana, mulai dari berangkat hingga kembali ke Malang, selama perjalanan juga saya selalu mendengarkan teman saya yang bernyanyi di dalam bus dan ada pula kejadian yang membuat saya jengkel adalah ada nya keterlambatan waktu yang disebabkan oleh teman saya, terlepas dari itu saya sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini”, tambahnya.

Kegiatan ini berakhir dan seluruh peserta didik kembali ke Malang pada pukul 20.00 WIB. Pihak sekolah berharap peserta didik dapat mempelajari hal hal yang belum mereka pelajari di sekolah dan dapat menjadi bekal mereka saat bekerja nanti.

Penulis : Moch. Catur Ramadhani (X TJKT 2)

Reporter : Reynata Tsabita Putri (X TJKT 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *