Perpustakaan Smechatwolasma

"Kami Datang, Kami Membaca, dan Kami Berkarya"

Sekilas Perpustakaan

Perpustakaan Smechatwolasma merupakan sebuah fasilitas sekolah yang didirikan pada bulan Januari, 2005. Pada awalnya, perpustakaan ini menggunakan nama Perpustakaan SMA 12 yang berada di bawah naungan SMAN 12 Malang, hingga kemudian pada tahun 2007, SMAN 12 Malang berganti menjadi SMKN 12 Malang. Semenjak diterbitkan Surat Keputusan/SK Perpustakaan dari Kepala SMK Negeri 12 Malang Nomor: 421.5/229.35.73.SMKN12/2007 Tentang Pendirian Perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 12 Malang, nama perpustakaan berubah menjadi PERPUSTAKAAN SMECHATWOLASMA. Perpustakaan Smechatwolasma berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bahan pustaka.

Fungsi Perpustakaan

Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMK Negeri 12 Malang, perpustakaan sekolah berfungsi:

  • Wadah pengetahuan, administrasi, organisasi dan rekreatif yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya;
  • Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMK Negeri 12 Malang.
  • Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
  • Pusat informasi untuk menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya bagi kegiatan belajar mengajar;

Prinsip Pelayanan Perpustakaan

Menjadi perpustakaan sekolah berbasis IT serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi serta suksesnya program-program sekolah.

  • Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sektor kehidupan
  • Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi
  • Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna
  • Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri
  • Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa
  • Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif
  • Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri
  • Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis IT;
  • Merintis E-Library untuk akses informasi yang lebih luas & IPTEK;
  • Mewujudkan kualitas dan kuanitas buku bacaan dan referensi
  • Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima
  • Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel.

Uraian Tugas Perpustakaan

Perencanaan Manajerial

  • Merencanakan program pengembangan koleksi
  • Merencanakan pengembangan sarana dan prasarana.
  • Merencanakan pengembangan SDM tenaga perpustakaan
  • Merencanakan anggaran
  • Merencanakan program promosi

Penyusunan Program Kerja

  • Melaksanakan program pengembangan Koleksi
  • Melaksanakan pengembangan sarana dan Prasarana
  • Melaksanakan pengembangan SDM tenaga Perpustakaan
  • Merealisasikan anggaran sesuai dengan Program
  • Mengkoordinasi inventarisasi koleksi perpustakaan
  • Mengkoordinasi Sirkulasi Peminjaman Koleksi Perpustakaan
  • Mengkoordinasi Pembuatan Katalog
  • Mengkoordinasi Penyusunan atau Penempatan koleksi sesuai dengan sistem klasifikasi
  • Mengkoordinasi Pendataan pengunjung dan pengguna

Pelaksanaan Evaluasi

  • Mengevaluasi program pengembangan koleksi
  • Mengevaluasi pengembangan sarana dan prasarana
  • Mengevaluasi pengembangan SDM tenaga perpustakaan
  • Mengevaluasi anggaran sesuai dengan program
  • Mengevaluasi isi koleksi perpustakaan
  • Mengevaluasi Sirkulasi Peminjaman Koleksi Perpustakaan
  • Mengevaluasi Pembuatan Katalog
  • Mengevaluasi Penyusunan atau penempatan koleksi sesuai dengan sistem klasifikasi
  • Mengevaluasi Pendataan pengunjung dan pengguna

Pengembangan Koleksi

  • Menyusun Pengembangan Koleksi (Collection Development Policy).
  • Menggunakan berbagai alat bantu seleksi untuk pemilihan bahan
  • Melakukan survey kebutuhan koleksi pengguna
  • Menyeleksi koleksi sesuai dengan Kebijakan Pengembangan Koleksi
  • Mengkoordinasi pemilihan bahan bekerjasama dengan tenaga pendidik/guru bidang studi
  • Memilih koleksi yang beragam yang memenuhi kebutuhan kurikulum
  • Melakukan pengadaan bahan
  • Mendayagunakan teknologi informasi untuk keperluan perawatan

Pelayanan Jasa Informasi

  • Mengorganisasi penyusunan deskripsi bibliografis (pengkatalogan) sesuai dengan standar AACR (Anglo-American Cataloging Rules)
  • Mengorganisasi penentuan klasifikasi
  • Menggunakan Dewey Decimal Classification
  • Mengorganisasi penentuan tajuk subyek
  • Mengorganisasi pengelolaan data bibliografis
  • Mengorganisasi pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi untuk pengorganisasian dan penelusuran informasi
  • Mengorganisasi penyusunan program Layanan jasa informasi
  • Mengorganisasi penyelenggaraan layanan Jasa sirkulasi
  • Mengorganisasi bimbingan penggunaan bagi pengguna (User instruction).

Penerapan TIK

  • Melakukan analisis kebutuhan informasi pengguna
  • Melaksanakan penerapan teknologi informasi dalam pengelolaan
  • Membimbing pengguna dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam memfasilitasi proses belajar mengajar
  • Membantu pengguna dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (internet)

Promosi dan Literasi

  • Mengidentifikasi kemampuan dasar Literasi informasi pengguna
  • Menyusun panduan materi bimbingan Literasi informasi sesuai dengan kebutuhan
  • Membimbing pengguna mencapai kemampuan literasi informasi,
  • Mempromosikan kegiatan minat baca komunitas sekolah/madrasah

Pengembangan Sumber Belajar

  • Mengembangkan visi dan misi berdasarkan tujuan dan fungsi sekolah/madrasah dalam konteks pendidikan nasional
  • Mengembangkan program dalam mendukung pelaksanaan kurikulum
  • Mengembangkan pedoman sebagai sumber belajar
  • Mengembangkan pedoman belajar mandiri.

Peningkatan Profesionalitas

  • Mengkoordinasi pembuatan karya tulis di bidang ilmu perpustakaan dan informasi
  • Mengkoordinasi pemnyusunan resensi/meresume buku
  • Mengkoordinasi pembuatan indeks

Pengembangan Kepribadian Integritas dan Etos kerja

  • Merapkan disiplin dengan menyusun tata tertib
  • Menerapkan kerapian dengan menyusun rambu-rambu kerapian
  • Menerapkan kesopanan dengan menyusun rambu-rambu kesopanan
  • Menerapkan kepedulian dengan menyusun program bantuan pencarian literatur, pemberian penghargaan kepada pemakai terbanyak, dan mengkaitkan even-even hari besar nasional dengan program perpustakaan
  • Berinteraksi dengan komunitas sekolah/madrasah
  • Bekerjasama dengan guru dalam Mengembangkan pembelajaran sekolah/madrasah
  • Membangun komunikasi dengan komunitas sekolah/madrasah

Pengelolaan Tenaga Kerja

  • Merumuskan perincian tugas tenaga perpustakaan
  • Menentukan jadwal kerja tenaga perpustakaan
  • Mensupervisi tenaga perpustakaan
  • Menilai kinerja tenaga perpustakaan
  • Melakukan layanan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka,
  • Melakukan selving buku yang dikembalikan maupun dibaca di tempat,
  • Menentukan judul buku pengganti terhadap anggota yang menghilangkan buku
    dengan melakukan koordinasi dengan bagian layanan teknis,
  • Membuat surat keterangan bebas pinjam bahan pustaka,
  • Memberikan layanan keanggotaan,
  • Menentukan judul buku yang akan diperbaiki untuk dibendel dan mengirimkan daftar tersebut ke bagian layanan teknis.
  • Menerima dan mencek bahan pustaka baru yang telah selesai diproses dan atau selesai diperbaiki,
  • Menyiapkan dan menyusun statistik kegiatan layanan melakukan stock opname,
  • Membantu pembaca melakukan penelusuran informasi,
  • Melakukan layanan rujukan dan referensi,
  • Melakukan pemasaran dan promosi jasa perpustakaan,
  • Melakukan bimbingan pemanfaatan perpustakaan sekolah,
  • Membantu Kepala Perpustakaan mempersiapkan bahan untuk laporan tahunan
  • Mengusulkan bahan pustaka yang telah terpilih kepada kepala sekolah untuk diadakan,
  • Menerima dan memeriksa bahan pustaka dari bagian tata usaha untuk diproses lebih lanjut,
  • Memberikan identitas bahan pustaka sebagai milik perpustakaan,
  • Melakukan inventarisasi bahan pustaka ke dalam buku induk,
  • Melakukan nomor klasifikas dan subyek bahan pustaka yang baru diterima,
  • Melakukan pembuatan deskripsi katalog
  • Menyelesaikan tahap akhir pengolahan bahan yaitu memberi identitas bahan pustaka, seperti label, nomor panggil buku, lidah buku, dan kartu buku,
  • Melakukan entri data ke dalam pangkalan data, membuat, mencetak, mengecek dan menempelkan barcode buku,
  • Melakukan pengiriman bahan pustaka yang telah diproses ke bagian layanan,
  • Melakukan penyusunan (filling) kartu katalog (katalog pengarang, judul dan subjek)
  • Melakukan pameran (display) buku baru,
  • Menyebarkan informasi terbaru (buku baru) yang dimiliki,
  • Membuat statistik tambahan buku baru setiap periode tertentu,
  • Melakukan perawatan koleksi,
  • Mengontrol semua peralatan TI agar berjalan dengan baik,
  • Melakukan perawatan terhadap peralatan TI jika ada yang rusak,
  • Melakukan perawatan pangkalan data,
  • Melakukan perawatan jaringan lokal,
  • Melakukan manajemen pangkalan data, pengembangan sistem informasi berbasis web (perpustakaan digital), pengembangan website,
  • Memberikan pendidikan pemakai tentang etika penggunaan Internet dan etika komunikasi berbasis Internet,
  • Melakukan pengembangan dan pelayanan data digital sebagai koleksi sekolah,
  • Membantu Kepala Perpustakaan mempersiapkan bahan untuk laporan tahunan.

Program Kerja Perpustakaan

  • Melaksanakan layanan yang sederhana, mudah dan prima;
  • Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
  • Menyediakan dan melengkapi fasilitas sesuai kebutuhan;
  • Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan sistem tertentu sehingga memudahkan penggunaannya;
  • Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan;
  • Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
  • Mengadakan inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
  • Pelayanan peminjaman dan pengembalian buku;
  • Penerbitan Bukti Bebas Peminjaman bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah;
  • Memberikan Pelatihan Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
  • Menggalakkan kegiatan Membaca Dalam Hati Bebas (MDHB) bersama Pejuang Literasi
  • Mengadakan Lomba Literasi
  • Mengadakan Pelatihan Pemilihan Bahan Bacaan
  • Menerapkan system layanan berbasis ICT;
  • Menerapkan E-Library learning;
  • Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 10.000 judul pada tahun 2028;
  • Terciptanya ruangan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
  • Mengikuti beberapa lomba sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.