Akuntansi Dan Keuangan Lembaga

Tentang AKL SMK Negeri 12 Malang

Konsentrasi keahlian Akuntansi menyiapkan peserta didik yang menguasai proses pengolahan data keuangan suatu perusahaan dan lembaga untuk menghasilkan laporan keuangan bagi pihak pihak yang berkepentingan atau pihak-pihak yang membutuhkan.

Konsentrasi keahlian ini bertujuan mencetak lulusan yang dapat menjadi teknisi akuntan junior yang memiliki kompetensi untuk menjadi tenaga pelaksana pembukuan bidang akuntansi dan perpajakan pada dunia usaha, Lembaga pemerintah dan Lembaga lainnya.

Akuntansi dan Keuangan Lembaga telah memiliki kelas Industri yang bekerja sama dengan PT Cipta Sarana Cendekia dan sudah berjalan selama 6 angkatan di Tahun 2022 ini.

Konsentrasi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga dibuka pada Tahun Pelajaran 2014/2015

Struktur Konsentrasi Keahlian AKL

Tujuan Konsentrasi keahlian AKL dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
  2. Menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri
  3. Menghasilkan lulusan yang siap kerja dan mengikuti perubahan zaman
  4. Menciptakan peserta didik yang dapat memahami proses bisnis akuntansi pada industri jasa dan dagang
  5. Menciptakan peserta didik yang mampu memahami perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global terkait akuntansi
  6. Menghasilkan lulusan yang siap menjadi seorang entrepreneur
  7. Memahami tahapan operasional akuntansi secara menyeluruh dan memberikan pelayanan prima (excellent service)

 

Guru Produktif AKL berjumlah 8 orang yang memiliki latar belakang Pendidikan minimal S1 sesuai dengan bidang yang disyaratkan yaitu S1 Pendidikan Akuntansi/S1 Akuntansi. Dan sudah ada 2 guru produktif AKL yang sudah berpendidikan S2. Selain latar belakang Pendidikan yang sudah sesuai/linier, guru produktif Akuntansi juga Aktif mengikuti pelatihan/Workshop dan Magang Industri secara berkala untuk meningkatkan kompetensi di bidang Akuntansi sekaligus mengikuti perkembangan zaman dan update ilmu pengetahuan agar tidak ketinggalan informasi.

Kurikulum Pembelajaran AKL

Kompetensi yang diajarkan pada konsentrasi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga adalah :

Kelas X (Kurikulum Merdeka) : Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga adalah salah satu mata pelajaran yang berisi kompetensi yang mendasari penguasaan Akuntansi dan keuangan lembaga untuk profesi Teknisi Akuntansi Junior yaitu suatu proses yang diawali dengan membuat dokumen keuangan, mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan.

Mata pelajaran Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga berfungsi untuk menumbuhkembangkan kebanggaan pada peserta didik dalam memahami proses bisnis di dunia kerja, memahami perkembangan teknologi dan isu-isu global di industri, mengenali berbagai macam profesi dan okupasi kerja dan peluang usaha, menerapkan aspek-aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH), Selain itu, sebagai landasan pengetahuan dan keterampilan untuk pembelajaran konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII.

Mata pelajaran Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang akuntansi dan keuangan lembaga, dan mengembangkan kapasitas peserta didik dalam bernalar kritis, mandiri, kreatif dan adaptif. Peserta didik yang memahami Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga diharapkan mampu meningkatkan sikap dan karakter kebhinekaan global, menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas dan mandiri.

Kelas XI dan XII (Kurikulum 2013)

  1. Akuntansi Keuangan
  2. Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang dan Manufaktur
  3. Komputer Akuntansi
  4. Administrasi Pajak
  5. Praktikum Akuntansi Lembaga/Pemerintah
  6. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Belajar Bersama DUDIKA

Kegiatan belajar bersama DUDIKA merupakan salah satu cara metode pembelajaran yang dapat menambah pengetahuan serta mengembangkan pola pikir siswa dalam memahami teori yang telah dipelajari. Kegiatan ini menjadi media yang efektif dan efesien dalam menyampaikan pengetahuan, tidak hanya berdasarkan teori saja.

Guru Tamu - PT. Cipta Sarana Cendekia
Salah satu agenda akhir semester genap Program Keahlian Akuntansi SMKN 12 Malang adalah mengundang Guru Tamu dari DU/DI. PT. Cipta Sarana Cendekia dipilih sebagai Guru tamu pada kesempatan kali ini. Materi yang disajikan adalah tentang “How to Create Powerful Presentation”
Selengkapnya
Outing Class - Pabrik Marning Jagung
Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mengenai praktik langsung di Perusahaan Manufaktur dan mendukung adanya link and match antara kompetensi yang diajarkan di sekolah dan di industri secara nyata
Selengkapnya
Outing Class - KPPN
KPPN dipilih sebagai lokasi kegiatan belajar luar sekolah karena sangat relevan dengan kompetensi yang harus dimiliki siswa terkait dengan proses akuntansi di lembaga pemerintahan
Selengkapnya
Guru Tamu Akuntansi - CV Ramadhani Wira Persada
Materi pada kegiatan guru tamu adalah Prospek Karir di Bidang Akuntansi bagi lulusan SMK. Diantaranya adalah Auditor, Akuntan, Business Analyst, Financial Analyst, Credit Analyst, Perencana Keuangan dan Enterpreneur.
Selengkapnya
Guru Tamu Akuntansi - PT REKAVISITAMA
Sekilas materi yang disampaikan pada kegiatan guru tamu ini adalah bahwa Kegiatan Prakerin/ PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah suatu kegiatan yang menyenangkan
Selengkapnya
Previous
Next

Laboratorium dan Sarpras

Sarana praktik dan belajar dirancang dengan standar Industri, sehingga para lulusan SMK Negeri 12 Malang diharapkan mudah beradaptasi ketika melaksanakan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) baik di perusahaan jasa, dagang maupun manufaktur bahkan di Lembaga pemerintah.

Akuntansi memiliki 2 laboratorium untuk mendukung proses pembelajaran yang membutuhkan komputer diantaranya mata pelajaran Komputer Akuntansi, spreadsheet, informatika, dan praktikum akuntansi. Selain laboratorium, juga ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan LCD dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, terdapat peralatan yang menunjang pembelajaran akuntansi seperti Money Counter, Money Detector, Cash Register

Program Kelas Industri (Kelas Khusus Perpajakan)

Kemitraan dan Lulusan

Konsentrasi keahlian akuntansi telah bekerja sama dengan berbagai IDUKA, baik yang terkait dengan kelas industry maupun yang terkait dengan IDUK sebagai tempat Prakrik kerja Lapangan (PKL), diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Cipta Sarana Cendekia (Kelas Industri)
  2. Indiratex
  3. Rekavisitama
  4. KPPN Malang
  5. Wom Finance
  6. FIF Malang 1 dan 2
  7. Light Printing
  8. BNI Life
  9. Koppontren Al Hikam
  10. Toko Askia
  11. KAN Jabung
  12. Tata Shop
  13. RWP Grosir
  14. KPRI RSSA
  15. KPRI UM
  16. CV Mandiri Mitra Persada
  17. PT Amazing Malang Network
  18. Kantor konsultan Pajak Maria Monica
  19. PT Sukanda Djaya (Diamond)
  20. BCA Multifinance
  21. Vernon Manajemen
  22. Swissindo Utama
  23. SRC Podomoro
  24. SRC Lilik
  25. PT Arion
  26. Jantra Group

Profil lulusan yang dimiliki oleh peserta didik konsentrasi keahlian Akuntansi dan Keuangan adalah :

  1. Bekerja di semua bidang perusahaan baik jasa, dagang dan manufaktur
    Seluruh jenis perusahaan baik jasa, dagang dan manufaktur membutuhkan seorang akuntan. Lulusan SMK konsentrasi keahlian Akuntansi sebagai teknisi junir Akuntansi memiliki kompetensi pengolahan data keuangan suatu perusahaan dan lembaga untuk menghasilkan laporan keuangan.
  2. Bekerja di Lembaga Pemerintahan/Desa
    Kebutuhan lulusan Akuntansi untuk pengelolaan keuangan di desa yaitu selaras dengan penerapan ilmu pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Pemerintah.
  3. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (Diploma/Sarjana)
    Lulusan SMK memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Saat ini sudah banyak perguruan tinggi negeri yang membuka Program Vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang lebih fokus pada praktik kerja yang dapat menunjang keahlian di bidang studi tertentu.
  4. Wirausaha
    Kompetensi yang dimiliki lulusan Akuntansi yaitu menguasai proses pengolahan data keuangan perusahaan sekaligus menyusun laporan keuangan membuka peluang bagi lulusan Akuntansi untuk menjadi Wirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Profesi yang mungkin dicapai lulusan program Akuntansi dan Keuangan Lembaga antara lain :

  • Auditor
  • Akuntan
  • Business Analyst
  • Financial Analyst
  • Credit Analyst
  • Product Consultant
  • Perencana Keuangan
  • Enterpreneur
ArabicEnglishIndonesian